Kamis, 30 Oktober 2014

Bagaimanakah teman yang baik itu ???



Teman yang baik adalah teman yang bisa membuat kita dekat dengan Allah, saling mengingatkan antara hubungan horizontal dan vertikal.

Allah SWT Berfirman :

“Dan hendaklah ada diantara kalian segolongan umat yang mengajak (manusia) kepada kebaikan, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang kemungkaran, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.s. Ali Imran: 104).

            
 Jadi ketika teman  mu berbuat salah jangan lah berkata " udahlah biarin aja, dia juga udah gede udah tau mana yg baik dan yg engga.. 
tapi ingatkanlah dia dengan cara yang baik.. ingatkan dia ketika sedang berdua bukan didepan orang banyak, bukankah kita disuruh untuk saling mengingatkan dalam kebenaran :D



Suatu saat ‘Umar radhiyallahu ‘anhu pernah bertanya tentang aibnya kepada sahabat yang lain. Sahabat itu pun menjawab bahwa dia pernah mendengar bahwa ‘Umar radhiyallahu ‘anhu memiliki bermacam-macam lauk di meja makannya. Lalu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu pun berkata yang maknanya ‘Seorang teman sejati bukanlah yang banyak memujimu, tetapi yang memperlihatkan kepadamu aib mu (agar orang yang dinasehati bisa memperbaiki aib tersebut.

Yang perlu diingat, menasehati jangan dilakukan didepan orang banyak. Agar kita tak tergolong ke dalam orang yang menyebar aib orang lain. :D

Tidak ada komentar: